Info Tentang Android dan Komputer

IP Webcam - Merubah Android menjadi CCTV

 Di Google Play Store, ada satu aplikasi yang bisa mengubah perangkat Android jadi laiknya kamera CCTV dan webcam. Adalah IP Webcam, aplikasi tersebut, yang hanya dengan sekali dua kali pengaturan, perangkat Android bisa jadi nertwok camera yang memanfaatkan jaringan WiFi.
Singkatnya, ponsel Android akan diubah sebagai kamera laiknya CCTV atau webcam. Kemudian, perangkat tersebut alirkan gambar video yang bisa dinikmati ke perangkat lain yang tersambung. Misalkan perangkat Android lain atau PC.
Apakah dalam alirkan video tersebut membutuhkan koneksi internet? Bisa tidak bisa iya. Jika perangkat terhubung ke jaringan yang sama (WiFi) maka tidak memerlukan koneksi internet. Namun bila mengakses kamera dari jarak jauh maka membutuhkan koneksi internet.
Cara menggunakannya pun sangat mudah. Ikuti tips sederhana ini:
  1. Unduh IP Webcam di sini, instal, dan buka
  2. Setelah dibuka, di bagian paling bawah tap ‘Start Streaming’
  3. Nantinya akan muncul gambar seperti di bawah ini

IP Webcam

Lantas, bagaimana mengakses ke perangkat lain? Masih dari gambar di atas, tap tulisan ‘How do I connect?’ dan ikuti petunjuknya. Jika tersambung di jaringan yang sama, Anda akan diminta memasukkan alamat URL tertentu ke browser atau ke pemutar media pendukung streaming. Misalkan saja VLC Player.
Tips paling mudah, paste saja URL yang diminta ke peramban dan pilih video renderer yang dikendaki. Nantinya akan muncul seperti gambar di bawah ini:




Menariknya, IP Webcam bisa berjalan di background. Plus, aplikasi ini akan tetap bekerja atau merekam video meski ponsel Android dalam posisi terkunci atau lock screen. Negatifnya, karena kamera terus on baterai sangat boros.

IP Webcam 2

Ingat, IP Webcam mengubah Android jadi webcam atau kamera CCTV. Jika ingin mengakses CCTV di kantor atau rumah pakai Android, ada aplikasi menarik yang gratis diunduh yakni TinyCam Monitor.
Tag : Android, CCTV, Webcam
0 Komentar untuk "IP Webcam - Merubah Android menjadi CCTV "

Back To Top